Tanya ahlinya: Bagaimana Tim Produk dan Pemasaran LinkAja Mendorong Pertumbuhan Perusahaan - Mixpanel
BlogHero_LinkAja_cropped

Tanya ahlinya: Bagaimana Tim Produk dan Pemasaran LinkAja Mendorong Pertumbuhan Perusahaan

Dengan perkiraan 83 juta orang yang masih kekurangan akses ke layanan keuangan formal, Indonesia memiliki salah satu populasi terbesar yang unbanked (tidak memiliki akses layanan finansial sama sekali) dan underbanked (memiliki akses layanan finansial yang sangat terbatas) di dunia. Penetrasi kartu kredit juga tertinggal di 0,07 kartu kredit per kapita. 

LinkAja dibentuk pada tahun 2019 untuk mengatasi peluang ini dengan memberikan solusi dompet elektronik kepada populasi yang tidak mempunyai dan mempunyai akses terbatas ke layanan finansial di Indonesia. Hanya dalam dua tahun, mereka memperoleh lebih dari 73 juta pengguna terdaftar dan telah menjadi salah satu solusi pembayaran elektronik terbaik di negara ini.

Pendorong utama kesuksesan LinkAja adalah hubungan yang erat antara tim Produk dan Pemasaran selama proses pertumbuhan. Kami berbicara dengan Rasis Maulana Setiawan, Digital Marketing Lead dari LinkAja, dan Saskia Amalia Aryono, Product Owner dari LinkAja, untuk memahami bagaimana mereka dapat berkolaborasi secara efektif.

Kolaborasi Produk dan Pemasaran jelas dijalankan dengan serius di LinkAja. Apa alasannya?

Rasis: Secara tradisional, Produk dan Pemasaran biasanya bekerja sendiri-sendiri. Banyak dari tim kami yang telah mengalaminya di perusahaan sebelumnya, sehingga kami tahu bahwa kami ingin menghindari hal ini di LinkAja. 

Apa yang dapat kami lihat dalam alur kerja kami adalah bahwa eksperimen yang dijalankan dan wawasan yang dikumpulkan oleh Produk dan Pemasaran sangat terkait dan saling terjalin. Saya telah mengamati banyak eksperimen yang dijalankan secara terpisah oleh Produk dan Pemasaran [di perusahaan lain] yang sebenarnya memiliki tujuan yang sama. Mengapa harus menjalani kerumitan seperti itu jika tujuannya sama? 

Sejak awal, kami tahu bahwa kami harus selaras dalam hal tujuan bisnis, bahasa metrik, dan berbagi wawasan dan eksperimen baru.

Saskia: Sangat penting untuk memiliki tujuan dan fokus metrik yang sama sehingga kami selalu berada di halaman yang sama daripada memiliki agenda sendiri. Jika tidak, kedua tim akan cenderung bersaing daripada berkolaborasi dalam hal-hal seperti pembuatan product roadmap prioritization.

Bagaimana Anda memulai kolaborasi ini?

Rasis: Langkah pertama kami adalah memastikan bahwa teknologi yang kami miliki selaras dengan tujuan kami. Ini adalah cara kami memilih Mixpanel dan Braze untuk menjadi mitra utama kami, karena keduanya terintegrasi satu sama lain. Kriteria utama kami adalah perangkat analisa produk dan automasi perpesanan dapat berinteraksi dengan mudah —  dalam hal memfasilitasi komunikasi tim Pemasaran dan Produk, serta integrasi antar perangkat.

Saskia: Setelah menemukan mitra teknologi yang tepat untuk produk dan pemasaran untuk berkolaborasi, kami bersama-sama menentukan metrik fokus utama, mengkategorikan metrik fokus utama dalam hal conversion, engagement dan retention, dan berkolaborasi untuk merancang perjalanan pelanggan dan manajemen siklus hidup pelanggan

Bolehkah Anda berbagi beberapa contoh bagaimana Anda berkolaborasi?

Saskia: Contohnya adalah alur aktivasi kami. Untuk mendorong pengguna baru menjadi pengguna aktif, kami harus memastikan bahwa alur aktivasi kami memiliki tingkat konversi yang tinggi dan pengguna menemukan manfaat dari aplikasi secepatnya. 

Tim Produk harus terus mengoptimalkan dan membuat alur perkenalan awal berulang-ulang kali untuk memastikan bahwa pengguna menyelesaikan langkah awal dalam pembuatan akun dan diarahkan ke halaman utama. 

Setelah pengguna berhasil daftar akun, perjalanan siklus hidup pelanggan dimulai dan kami akan bekerja sama dengan Pemasaran untuk memastikan bahwa pengguna merasakan nilai dari aplikasi kami segera setelah daftar.

Rasis: Setelah pengguna melalui alur perkenalan awal, kami mulai menganalisa perilaku konsumen baru di Mixpanel dan Braze untuk memetakan perjalanan pengguna dalam menemukan produk kami. 

Kami memiliki ‘golden week’ untuk menjaga pelanggan, yaitu tujuh hari pertama setelah pelanggan mendaftar akun mereka. Hal ini penting karena adopsi dalam tujuh hari pertama adalah indikator utama untuk retensi pengguna jangka panjang. Dalam tujuh hari pertama tersebut, kami mempersiapkan pesan otomatis berseri yang mulai dari pesan edukasi sampai dengan pesan promosi untuk mengingatkan pelanggan untuk mulai mengadopsi layanan kami. Setelah ini, kami mengelompokan pengguna menjadi 2 kelompok yaitu : kelompok pengguna “Adopsi”, yaitu konsumen yang sudah melakukan transaksi minimal satu kali, dan kelompok pengguna “Pendaftar Terlambat”, yaitu konsumen yang belum melakukan transaksi. Kami mendiskusikan secara serius dengan tim Produk untuk menajamkan pengertian dari “Adopsi” dan “Pendaftar Terlambat”.

LinkAja Data Stack-Bahasa-1000x500

Apa yang ada di dalam tech stack Anda? Bagaimana tech stack yang terintegrasi dapat membantu keselarasan antara Produk dan Pemasaran?

Rasis: Kami menggunakan Mixpanel untuk menganalisa produk, Braze untuk pemasaran dalam aplikasi dan Appsflyer untuk atribut seluler. Salah satu kriteria utama kami adalah perangkat yang digunakan di seluruh Produk dan Pemasaran harus bisa sepenuhnya terintegrasi.

Tim kami tidak besar, jadi kami sangat ingin mengurangi proses pelaporan. Dengan menggunakan stack, kami dapat dengan mudah mengirimkan data kampanye dari Braze ke Mixpanel. Dari sana, Produk dapat dengan mudah mengakses Mixpanel untuk melihat laporan, wawasan, dan data yang telah terkonsolidasi.

Hal ini membantu meningkatkan komunikasi internal dengan seluruh pemangku kepentingan dan memastikan bahwa semua pihak mengacu pada kumpulan data dan metrik fokus yang sama. Kami juga mengurangi banyak pertemuan offline untuk presentasi data karena kami hanya perlu membagikan tautan link ke laporan Mixpanel.

Kami juga ingin dapat mencapai sebuah alur kerja timbal balik, sehingga ketiga perangkat – Mixpanel, Braze, dan Appsflyer – dapat berkomunikasi satu sama lain. Contohnya, kami menggunakan Braze Currents untuk mendorong data kampanye ke dalam Mixpanel secara real time. Selain itu, kami juga dapat mengirimkan pengguna tertentu yang menjalankan event yang hanya dilacak di Mixpanel kepada Braze untuk menargetkan pesan pemasaran.

Adakah saran terakhir untuk perusahaan yang ingin membangun kolaborasi Pemasaran-Produk?

Saskia: Setiap perusahaan harus mempunyai sumber kebenaran dalam hal data. Untuk LinkAja, hal ini merupakan kombinasi antara data first-party dari pengguna, data sekunder dari perangkat seperti Mixpanel dan Braze, bersama dengan riset kualitatif dari tim Customer Experience. Semua ini dilakukan demi menciptakan pembenaran yang kuat di seluruh tim lintas fungsi atas setiap keputusan Produk yang akan dibuat.

Rasis: Jika Anda mengacu pada prinsip utama kami, intinya adalah pengutamaan pelanggan. Ketika Anda fokus pada pelanggan, Anda pasti akan melihat sinyal data penting dari mereka dan menjaga agar produk dan proses simpel dan tidak kompleks. Dengan seluruh tim mengacu ke objektif yang sama, keselarasan Produk-Pemasaran pasti akan datang dengan sendirinya.

Ketahui langsung dari LinkAja

Braze menyelenggarakan webinar dengan Mixpanel dan LinkAja untuk menyelidiki dunia konvergen dari produk dan pemasaran. Tonton recording acaranya untuk mempelajari hal-hal berikut:

  • Bagaimana tim produk dan pemasaran secara tradisional bekerja dalam silo dan mengapa cara ini berubah
  • Bagaimana menentukan tujuan yang serupa atau berbeda untuk setiap tim
  • Bagaimana Produk dan Pemasaran menggunakan berbagai perangkat untuk mencapai visi bersama untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan mengoptimalkan keputusan produk dan pemasaran

See how Mixpanel can help

Find out why 26,000 companies use Mixpanel to drive product-driven growth.

Watch the demo